Selamat datang di website pembelajaran dan informasi Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Raden Paku Wringinanom, Gresik |Kisi - Kisi Ujian Teori Kejuruan sudah dapat di download di link yang tersedia|Tanggal 2 Januari 2018 Semua Peserta Didik masuk kembali seperti biasa | Selamat datang di semester genap

Senin, 04 Desember 2017

Dasar - Dasar Microsoft Excel 2016











Tujuan Pembelajaran :
Setelah peserta didik mempelajari materi ini maka diharapkan peserta didik dapat :

  • Memahami tentang dasar Microsoft Excel
  • Menjalankan aplikasi Microsoft Excel
  • Menyimpan dokumen pada Microsoft Excel
  • Menutup dokumen Microsoft Excel
Selamat datang di website pembelajaran Teknik Komputer Jaringan SMK Raden Paku Wringinanom - Gresik. Pada kesempatan kali ini kita akan berkenalan dengan salah satu aplikasi yang sering sekali kita gunakan dalam kehidupan sehari - hari. Aplikasi yang dimaksut adalah microsoft excel. Salah satu aplikasi yang dikeluarkan oleh microsoft corp. ini sangat banyak digunakan oleh masyarakat. Tetapi banyak diantara kita yang hanya mengenal setengahnya saja, sehingga kita tidak dapat menggunakan aplikasi ini secara maksimal. Oleh karena itu dengan adanya materi ini peserta didik diharapkan dapat memaksimalkan kinerja dari microsofr office khususnya Microsoft Excel. 

Pada pembelajaran kali ini kita akan menggunakan alat dan bahan sebagai berikut. 
  • Microsoft Excel 2016
  • Microsoft Widows 10 Pro Edition
Bagaimana jika ditempat anda tidak menggunakan microsoft excel 2016 dan Microsoft Windows 10 pro.Itu tidak akan menjadi kendala karena pada dasarnya sama saja, yang membedakan hanyalah tampilan dan tata letak menunya saja. Untuk mempersingkat waktu dalam pembahasan maka kita akan langsung masuk kedalam materi pembelajaran berikut ini. 

A. Mengenal Microsoft Excel 2016
Microsoft Office 2016 (dengan nama sandi Office 16) adalah versi dari paket aplikasi perkantoran Microsoft Office, menggantikan kedua Office 2013 dan Office untuk Mac 2011. Ini dirilis untuk OS X pada tanggal 9 Juli 2015 untuk pelanggan Office 365. Tanggal rilis resmi untuk Microsoft Office 2016 adalah 22 September 2015. Sebuah rilis pratayang untuk versi Windows diumumkan pada konferensi Ignite di Chicago pada bulan Mei 2015 dan dalam versi beta tersedia untuk pengguna Office 365 untuk mencoba atau untuk mengunduh sebagai percobaan beta.
Setelah mengenal Microsoft Office 2016 secara global maka kita akan mengenal microsoft excel. Microsoft Excel merupakan software dari microsoft yang didesain untuk pengolah data, atau dapat kita katakan sebagai aplikasi pengolah angka. Dengan menggunakan aplikasi ini kita dapat melakukan perhitungan matematis berupa perkalian, pembagian, pembagian, penjumlahan, perpangkatan dan masih banyak yang lainnya. Kita dapat melakukan perhitungan yang sangat mudah atau bahkan kita dapat melakukan perhitungan dalam intensitas yang sangat rumit.
Microsoft Excel berbeda dengan microsoft word. Jika pada aplikasi microsoft word anda akan ditampikan lembar kerja yang berupa lembar kosong, maka di microsoft excel anda akan ditampilkan berupa kolom dan baris. Dimana setiap kolom diwakili denga huruf dan baris diwakili dengan angka. Pada microsoft excel 2016 terdiri dari 16.384 kolom dan 1.048.576 baris. sehingga kita bisa melakukan banyak perhitungan dan manipulasi dengan menggunakan microsoft excel.

B. Cara Membuka Lembar Kerja Excel
Sebelum kita mengenal lebih dalam tentang Microsoft excel maka sekarang kita akan mencoba untuk membuka lembar kerja microsoft excel. Untuk membuka lembar kerja microsoft excel sebenarnya terdapat beberapa cara. Silahkan anda pilih sesuai dengan yang anda inginkan.
Tahapan 1, Untuk tahapan pertama anda dapat menggunakan shortcut yang ada didalam windows anda masing - masing. Biasanya setiap selesai melakukan installasi maka seorang installer akan menempatkan shortcut di desktop dengan tujuan mempermudah pengguna (orang awam) mencari aplikasi yang sering digunakan di kemudian hari. 
Gambar 1. Jendela Run Microsoft Windows 10
Tahap 2, Untuk tahapan kedua kita akan memanfaatkan aplikasi "RUN" yang ada di setiap sistem operasi windows yang selesai dilakukan installasi. Untuk menggunakan tahapan ini silahkan anda tekan tombol Windows + yang ada di keyboard. Sehingga nantinya akan muncul kotak dialog run ketikkan "excel" tanpa menggunakan tanda petik. Dan klik menu OK untuk membuka lembar kerja microsoft office excel 2016. Untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan gambar 1 diatas. Pastikan anda tidak mengetikkan tanda petiknya. Jika anda mengetikkan tanda petikknya maka tidak akan dapat diakses.
Gambar 2. Start Menu Windows 10
Tahapan 3, Pada tahapan ke 3 ini adalah tahapan yang paling sering digunakan baik untuk orang awam atau orang yang ahli sekalipun. Jika dalam windows 7 atau windows 8 mungkin tahapan ini tidak akan sama namun pada dasarnya sama tidak jauh berbeda. Untuk anda yang menggunakan windows 7 maka tapan yang dapat anda gunakan adalah Start >> All Program >> Microsoft Office >> Microsoft Excel 2016. Jika anda Menggunakan Windows 8 Start >> Microsoft Excel 2016. Dan terakhir jika anda menggunakan windows 10 pro seperti yang penulis gunakan maka anda tinggal klik menu Start dan cari aplikasi Excel 2016 sehingga kurang lebih akan menampilkan gambar seperti tampilan di sebelah kiri. Setelah anda klik dari semua tahapan anda akan ditampilan tampilan seperti gambar berikut ini. Disini banyak sekali pilihan
Gambar 3. Tampilan Awal Excel 2016





yang dapat anda gunakan.Coba anda perhatikan Gambar 3  disamping. Itulah tampilan dari microsoft excel 2016. Jika anda ingin melakukan perhitungan secara mandiri maka anda dapat memilih menu BlankWoorkbook namun jika anda ingin menggunakan template yang sudah disediakan oleh microsoft maka anda dapat memilih template mana yang akan anda gunakan. Namun perlu diperhatikan untuk menggunakan template yang sudah disediakan oleh microsoft maka komputer anda harus terhubung ke jaringan internet. Tanpa jaringan internet anda tidak akan dapat menikmati fitur ini. Kecuali beberapa template yang memang sudah dilakukan installasi ketika anda melakukan installasi aplikasi ini.

C. Menyimpan Lembar Kerja Microsoft Excel
Setelah anda bekerja dengan menggunakan microsoft excel maka sudah sewajarnya jika anda harus menyimpan dokumen yang jikalau nanti suatu hari dibutuhkan tinggal dibuka saja. Jika anda pernah menggunakan microsoft excel versi sebelumnya maka anda tidak akan kesulitan dalam melakukan penyimpanan dokumen disini karena tidak ada yang berbeda. Jika anda menggunakan pintasan keyboard maka anda dapat menggunakan tombol Ctrl + S.
Untuk melakukan penyimpanan ini ada 2 metode yang dapat anda gunakan, yaitu :
  1. Save, Metode penyimpanan sebuah dokumen yang diperuntukkan untuk dokumen yang baru saja anda buat (belum pernah disimpan sebelumnya), dan atau menyimpan dokumen yang pernah disimpan sebelumnya (telah dilakukan editing).
  2. Save As, Metode penyimpanan sebuah dokumen yang diperuntuhkkan untuk dokumen yang baru saja anda buat (belum pernah disimpan sebelumnya), dan atau menyimpan dokumen yang pernah disimpan sebelumnya (dengan nama dokumen yang berbeda). Misalnya dokumen asal bernama Gaji Karyawan selanjutnya setelah dilakukan editing maka nama dokumen diganti menjadi Gaji Karyawan 2017.
Berikut adalah beberapa langkah yang dapat anda gunakan untuk melakukan penyimpanan dalam microsoft Excel 2016. Penjelasan ini adalah dengan menggunakan menu save yang ada di aplikasi bukan dengan menggunakan pintasan keyboard (Ctrl + S).
  • Silahkan anda lakukan editing terhadap aplikasi microsoft excel seperti dengan yang anda inginkan. Jika sudah maka silahkan anda klik menu File atau Icon Save (diberikan tanda lingkaran).
  • Selanjutnya karena ini dokumen masih baru dan belum dilakukan penyimpanan sebelumnya maka anda dapat memilih menu Save  atau Save As sesuai dengan yang anda inginkan. Selanjutnya anda pilih menu Browse agar dapat menentukan dimana lokasi penyimpanan dari file yang sudah dilakukan editing ini.
  • Sebagai contoh disini saya akan menyimpan file ini dengan nama latihan1 dan saya letakkan di dokumen. Untuk penamaan file anda bisa menentukan secara bebas sesuai dengan yang anda inginkan atau tugas yang akan anda kerjakan dengan menggunakan excel 2016. Jika sudah maka silahkan anda klik menu Save maka dokumen anda akan secara otomatis tersimpan.
Sampai pada tahapan ini anda sudah selesai dan berhasil melakukan penyimpanan dokumen pada microsoft Excel 2016.
Secara default dokumen microsoft excel 2016 akan disimpan dengan ekstensi .xlsx atau Excel Workbook.
D. Menutup Lembar Kerja Microsoft Excel 2016
Setelah melakukan pekerjaan dengan menggunakan microsoft excel maka tahapan selanjutnya setelah menyimpan anda akan menutup program aplikasi tersebut sampai nantinya dapat digunakan kembali ketika membutuhkannya. Karena tidak mungkin anda membuka program aplikasi microsoft excel terbuka secara terus menerus di komputer anda. Sebelum anda menutup pastikan anda sudah melakukan penyimpanan semua dokumen yang telah dilakukan editing jika tidak maka dapat dipastikan dokumen anda yang telah di edit akan hilang.
Menutup Microsoft Excel dapat menggunakan beberapa langkah antara lain :
  • Dengan menggunakan menu File >> Close.
  • Dengan menggunakan icon Close
Kemudian apa yang membedakan diantara keduanya ?. Silahkan anda simak penjabaran berikut ini. Sebenarnya penggunaan kedua menu close sama saja tidak ada perbedaan yang sangat menonjol. Hanya saja jika anda menggunakan opsi yang pertama yaitu File >> Close anda hanya akan menutup lembar kerja anda saja. Namun jika anda menggunakan icon Close yang ada di pojok kanan atas maka anda akan benar - benar keluar dari program aplikasi Microsoft Excel secara keseluruhan.

Tampilan file >> close










Tombol close pada jendela aplikasi















Sampai disini dahulu materi excel kita kali ini, jika ada yang ditanyakan silahkan anda tuliskan pada kolom komentar yang disediakan.

2 komentar: