Selamat datang di website pembelajaran dan informasi Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Raden Paku Wringinanom, Gresik |Kisi - Kisi Ujian Teori Kejuruan sudah dapat di download di link yang tersedia|Tanggal 2 Januari 2018 Semua Peserta Didik masuk kembali seperti biasa | Selamat datang di semester genap

Kamis, 20 Juli 2017

Kelas Maya dalam Melakukan Pendidikan Di Era Modern

Beberapa Contoh Aplikasi Kelas Maya
Menurut Sudjana pembelajaran adalah Pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap upaya yang sistematik dan sengaja untuk menciptakan agar terjadi kegiatan interaksi edukatif antara dua pihak yaitu antara peserta didik “warga belajar” dan pendidik “sumber belajar” yang melakukan kegiatan membelajarkan (sumber).
Sesuai dengan berkembangnya waktu, dan perangkat teknologi maka pembelajaran sekarang tidak hanya dapat dilakukan melalui kelas formal. Pada saat ini jika kita perhatikan (khususnya di kota) banyak sekali yang sudah memiliki sebuah perangkat smartphone, walaupun tidak mentup bagi yang berada di daerah selain kota juga memiliki perangkat tersebut. Sebuah Smartphone sudah bukan merupakan barang yang mewah untuk saat ini. Apalagi banyak sekali smartphone yang memiliki spesifikasi tinggi dan dibandrol sangat murah. 
Namun, sayangnya perangkat tersebut tidak dipergunakan untuk tujuan pendidikan. Smartphone yang memiliki akses internet digunakan oleh peserta didik hanya untuk melakukan chat. Atau terkadang hanya untuk melakukan foto selfi. Dengan melakukan hal - hal tersebut tentunya tidak memiliki sebuah manfaat yang tidak dapat mendukung daya fikir dan kreatifitas anak - anak kita sebagai seorang peserta didik.
Dengan adanya portal Kelas Maya ini yang dapat diakses melalui perangkat smartphone, komputer, PDA, dan perangkat lain yang tersambung internet diharapkan peserta didik lebih rajin dan sering menggunakan smartphone mereka untuk membaca materi - materi yang memang bertujuan untuk pendidikan. Dengan adanya kelas maya ini pula jarak antara peserta didik dan guru semakin sempit. Mengapa demikian ?. Guru dapat membuat sebuah media pembelajaran yang dapat diupload melalui kelas maya yang sudah dibuat. Dimana guru sudah tidak menuntut peserta didik untuk mencatat sebuah materi yang sangat banyak sehingga jam pelajaran dalam kelas habis untuk melakukan mencatat. Dengan adanya kelas maya ini guru dapat share materi, tugas, dan acara - acara yang akan dilakukan didalam kelas konvensional. Untuk memahami apa itu kelas maya dan bagaimana cara menggunakan teknologi ini untuk di dunia pendidikan berikut akan dijabarkan penjelasannya :
Kelas Maya atau kelas virtual adalah sebuah lingkungan belajar berbasis web yang :
  • memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi khususnya jejaring pembelajaran sosial, untuk pemelajaran dan managemen kelas, dan
  • memuat konten - konten digital yang dapat diakss dan dipertukarkan dimana saja, darimana saja, dan kapan saja.

Didalam kelas maya dapat diketahui kemajuan proses belajar seorang peserta didik. Kemajuan ini dapat dipantau secara realtime oleh guru, siswa dan orang tua. Selain digunakan untuk proses pendidikan jarak jauh, sistem tersebut dapat digunakan sebagai penjang kelas tatap muka. 
Untuk dapat melakukan pembelajaran dengan menggunakan kelas maya ini maka anda perlu memperhatikan beberapa hal antara lain :
  • ketersediaan hardware dan software pendukung yang dibutuhkan.
  • tersedianya infrastruktur jaringan pendukung yang memadai.
  • kebijakan yang mendukung pelaksanaan kelas maya.

Dengan adanya kelas maya ini agar pembelajaran menjadi maksimal, pelaksanaannya perlu memperhatikan beberapa hal :
  • Kelas maya harus dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
  • Kelas mayaharus dapat menyediakan berbagai fasilitas kelas yang terintegrasi, dan dapat mengukur pencapaian kompetensi siswa.
  • Kelas maya juga perlu diancang supaya siswa dapat berbagi (share) hasil karya dan bertukar pengalaman dalam menerapkan pengetahuan yang telah diperolehnya. 
  • Kelas maya harus dapat meningkatkan motivasi sekolah para siswa. 






1 komentar:

  1. Bagaimana cara yang efektif untuk melakukan pembelajaran mata kuliah praktikum di era Kelas Maya dalam Melakukan Pendidikan ini?

    BalasHapus