Selamat datang di website pembelajaran dan informasi Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Raden Paku Wringinanom, Gresik |Kisi - Kisi Ujian Teori Kejuruan sudah dapat di download di link yang tersedia|Tanggal 2 Januari 2018 Semua Peserta Didik masuk kembali seperti biasa | Selamat datang di semester genap

Kamis, 20 Juli 2017

Melakukan Installasi Linux BlankOn Menggunakan Oracle VirtualBox


Linux BlankOn adalah salah satu distro linux yang bertujuan untuk pendidikan, perkantoran, dan pemerintahan. Linux ini dikembangkan secara terbuka untuk menghasilkan kebutuhan pengguna komputer yang ada di indonesia. Kali ini kita akan mencoba untuk melakukan installasi linux blankon 10 atau yang diberikan kode "tambora". Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Linux ini silahkan anda kunjugi situs resminya
Sebelum anda melakukan installasi dengan menggunakan metode virtualisasi (oracle virtualbox) maka anda harus mendownload iso dari linux ini di Link Berikut ini.

Setelah anda download maka tahapan berikutnya anda dapat melakukan installasi dengan menggunakan metode virtualisasi dengan tahapan sebagai berikut ini. 
  1. Pastikan Komputer anda sudah terinstall aplikasi Oracle VirtualBox dan dapat digunakan. Jika sudah buka aplikasi tersebut sehingga tampil seperti gambar dibawah ini. Untuk membuat sebuah Virtual Mesin baru untuk melakukan installasi klik menu New.
  2. Selanjutnya anda akan dibawa masuk  kedalam identitas untuk sebuah virtual mesin, Silahkan anda ketikkan sesuai seperti pada gambar di bawah ini. Ingat untuk Type, dan Version harus sesuai seperti contoh jika tidak maka linux anda tidak akan dapat berjalan. Jika sudah klik menu Next  untuk melanjutkan ketahapan berikutnya. 
  3. Selanjutnya aplikasi meminta anda untuk menentukan berapa besar kapasitas memory yang akan digunakan untuk melakukan installasi linux BlankOn. Sesuai minimum requirements maka Linux BlankOn membutuhkan RAM 1 GB. Maka kita setting seperti gambar dibawah ini. Jika sudah sesuai dengan gamabar dibawah ini klik menu Next untuk melanjutkan.  
  4. Karena kita akan membuat sebuah Virtual Mesin baru maka kita membutuhkan juga sebuah virtual hard disk sebagai media installasi. Maka silahkan anda klik menu Create a virtual hard disk now jika sudah klik menu Create untuk melanjutkan ketahapan berikutnya.  
  5. Selanjutnya anda diminta untuk menentukan type dari virtual hard disk yang sudah anda buat. Untuk mempermudah anda maka klik menu VDI (Virtual Disk Image), Jika sudah klik menu Next  untuk melanjutkan ketahapan berikutnya.  
  6. Selanjutnya anda diminta untuk menghubungkan antara virtual disk yang anda buat dengan hard disk milih anda, Untuk mempermudah anda maka klik Dynamically Allocated dan klik menu Next untuk melanjutkan ketahapan berikutnya.  
  7. Disini anda diminta untuk menentukan dimana letak anda menyimpan vitual disk anda akan disimpan. Secara default maka lokasi penyimpanan virtual disk ad di local disk C, nama user anda, dan anda cari VMBox. Selanjutnya pada kolomm yang berwana hijau tentukan alokasi untuk besar local disk yang akan digunakan untuk vbox dalam menginstall linux blankon ini. Sesuaikan dengan tampilan dibawah ini. dan klik menu Create  untuk melanjutkan.
  8. Berikut adalah hasil dari pembuatan sebuah Virtual Mesin yang nantinya akan digunakan dalam melakukan installasi linux BlankOn. 
  9. Selanjutnya sebelum mesin virtual ini dapat digunakan maka kita perlu melakukan beberapa konfigurasi. Silahkan klik menu setting untuk melakukan beberapa konfigurasi. 
  10. Silahkan anda masuk kedalam menu System >> Processor dan silahkan anda berikan tanda centang pada Enable PAE/NX. Ini hanya khusus untuk linux BlankOn saja. Jika sudah klik menu OK
  11. Jika sudah maka anda dapat melakukan installasi dengan menekan tombol Start untuk melanjutkan proses installasi.  
  12. Aplikasi Simulasi VirtualBox akan meminta anda untuk menentukan sebuah file iso yang sudah anda download diawal tadi. Silahkan anda klik Folder yang berwarna kuning untuk melanjutkan proses installasi. 
  13. Tentukan lokasi dimana anda menyimpan file iso dari linux blankon itu sendiri, jika sudah pilih isonya dan klik menu Open untuk melanjutkan proses installasi. 
  14. Jika anda sudah benar memilih ISO maka anda akan ditampilkan tampilan seperti dibawah ini, disini jika pertamanya kosong maka sekarang sudah memiliki isi dan klik menu Start untuk melakukan installasi. 
  15. tampilan halaman depan pada saat melakukan installasi linux BlankOn akan dimunculkan. Pada tahapan ini anda dimina untuk menentukan bahasa yang akan anda gunakan untuk melakukan installasi.  
  16. Jika bahasa yang anda pilih sudah sesuai dengan yang anda inginkan maka klik menu Installa Blankon.
  17. Selanjutnya silahkan anda pilih zona waktu sesuai dengan tempat yang anda tinggali. Karena kita ada di indonesia maka kita pilih Asia/jakarta  dan klik menu next untuk melanjutkan ketahapan selanjutnya.
  18. Selanjutnya anda diminta untuk menentukan hard disk mana yang akan dilakukan partisi. Sebagai Contoh disini karena kita menggunakan VirtualBox maka klik menu Select Drive dan klik hard disk yang muncul disana. 
  19. Selanjutnya silahkan anda klik menu Enter advance mode untuk melakukan pemartisian hard disk secara manual.  
  20. Klik menu Create untuk melanjutkan proses pembuatan partisi.  
  21. Tahapan pertama kita akan membuat sebuah partisi untuk root (/). Karena minimum requirements mengharapkan hard disk 15 GB maka disini kita mengaloksikan lebih. Hard disk yang kita buat pada Virtual Hard disk didepan adalah 50GB maka kita akan setting 40 GB untuk root. Maka hasilya akan tampak seperti tampilan berikut ini. Jika sudah maka klik menu Create partition
  22. Selanjutnya silahkan anda klik menu create kembali utuk membuat sebuah partisi baru lagi. 
  23. Tahapan ini kita akan melakukan pemartisian Swap. Partisi ini tidak seperti partisi yang lain. Partisi ini berfungsi sebagai firtual memory untuk sistem operasi linux jika kekurangan memory utama. Untuk melakukan konfigurasi memiliki aturan 2 X Ram. Sehingga jika memory RAM kita tadi kita setting 1 Gb maka partisi swap sebesar 2048 MB atau 2GB. Jika sudah klik menu Create Partition maka proses pemartisian swap selesai dan melanjutkan pemartisian terakhir. 
  24. Untuk membuat partisi baru yang terakhir maka anda klik menu Create.  
  25. Tahap ketiga kita akan melakukan pembuatan partisi yang terakhir disini kita akan membuat sebuah partisi /Home. Partisi ini fungsinya untuk menyimpan semua data pengguna. Jika di windows disebut sebagai local disk D, E, dll. Kita gunakan seluruh hard disk yang tersisa untuk partisi home ini. Jika sudah klik create partition unuk melanjutkan dan mengakhiri proses partisi.  
  26. Disini silahkan anda periksa apakah susunan partisi yang ada sudah sesuai dengan yang anda inginakan atau anda alokasikan tadi di awal. jika sudah sesuai maka klik menu next untuk mengakhiri proses partisi yang berpindah ketahapan berikutnya.
  27. Sistem BlankOn akan meminta anda untuk menentukan identitas dari PC yang saat ini anda lakukan installasi. Silahkan anda isikan sesuai dengan apa yang anda inginkan. Jika sudah maka klik menu Next untuk melanjutkan ketahapan berikutnya.  
  28. Sebelum lanjut kedalam proses installasi Linux BlankOn akan menampilkan hasil konfigurasi yang anda lakukan diawal. seperti yang terlihat ditampilan berikut ini, Jika sudah sesuai maka anda klik menu Next untuk melanjutkan.  
  29. Tunggu hingga proses installasi akan dilangsungkan oleh sistem secara otomatis. Proses ini tergantung jenis hardware anda. Jika spesifikasi hard ware anda tinggi maka anda dapat melewati proses ini dengan cepat.  
  30. Jika sudah muncul seperti pada tampilan berikut ini maka linux BlankOn anda sudah selesai dilakukan installasi. Sebelum anda reboot maka silahkan anda lepas media installasi yang ada di vitualbox. Selanjutnya klik menu Reboot  untuk merestart komputer.  
  31. Tunggu beberapa saat, linux akan masuk secara otomatis.  
  32. Langkah selanjutnya klik pada user yang akan digunakan untuk login dan masukkan password yang sudah anda setting saat melakukan installasi diawal. Jika sudah tekan tombol enter untuk melanjutkan.  
  33. Jika password yang anda masukkan benar sesuai dengan user id maka anda akan dibawa masuk kedalam desktop linux blankon. Sampai tahapan ini proses installasi telah selesai anda lakukan.  
Cukup mudah saya rasa jika anda membaca dengan teliti penjelasan yang diberikan maka anda tidak akan mendapatkan sebuah kesalahan yang berarti. Untuk anak SMK Raden Paku tidak perlu melakukan download ISO. Anda dapat meminta kepada instruktur pada waktu itu,
Sebelum diakhiri saya selaku penulis mhon maaf apabila ada tulisan yang salah ketik. Silahkan berikan komentar anda kepada kami untuk saling berdiskusi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar