Selamat datang di website pembelajaran dan informasi Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Raden Paku Wringinanom, Gresik |Kisi - Kisi Ujian Teori Kejuruan sudah dapat di download di link yang tersedia|Tanggal 2 Januari 2018 Semua Peserta Didik masuk kembali seperti biasa | Selamat datang di semester genap

Jumat, 04 Agustus 2017

Mengenal Logika dan Algoritma Secara Praktis

Gambar 1. Ilustrasi Logika Berfikir Manusia
Selamat datang kembali pada materi E-Class TKJ kali ini. Pada pembahasan kali ini kita akan mengenal tentang Logika dan Algoritma. Materi ini adalah materi wajib yang harus dipahami oleh peserta didik jurusan TKJ untuk menuju kesebuah materi pemrograman dasar. Namun, karena kita menggunakan kurikulum 2013 edisi revisi 2017 maka kita juga mempersilahkan untuk jurusan lain membaca materi ini. Mengapa demikian ?. Karena pada materi Simulasi Komputer dan Digital anda juga akan diajak untuk memahmi sebuah algortima dan logika.
Pada dasarnya setiap hari kita selalu bertemu dengan sebuah logika dan kita juga sering melakukan sesuatu yang berhubungan dengan algoritma. Namun kita sering tidak menyadari tentang hal itu. Oleh karena itu maka disini kami akan mencoba memberikan penjelasan kepada anda tentang cara mengenal logika dan algoritma. 
Menurut sumber yang kami dapatkan dari wikipedia, bahwa logika berasal dari kata yunani kuno yaitu Logos yang memiliki arti hasil pertimbangan akal dan pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa. Sebagai ilmu pengetahuan logika mempelajari sebuah kecakapan untuk berfikir secara lurus, tepat dan teratur. Disetiap mata pelajaran mengenal beberapa logika yang memiliki arti berbeda - beda. Misalnya jika anda mempelajari matermatika maka anda akan mendapatkan sebuah materi tentang logika matematika. Namun anda nantinya juga akan mendengar sebuah materi gerbang logika jika berada di jurusan listrik dan elektronika. Logika juga merupakan cabang dari sebuah ilmu filsafat, dan masih banyak yang lain logika - logika yang dapat anda pelajari. Namun disini kita tidak akan memahami logika yang sangat banyak tersebut. Karena kita hanya akan mengenalkan kepada anda tentang sebuah logika dalam berfikir dan mengembangkan sebuah algoritma. 
Algoritma, merupakan sebuah istilah yang berasal dari nama seseorang pengarang berkebangsaan arab yang memiliki nama Abu Ja'Far Mohammed ibn Musa Al Khowarizmi yang juga terkenal dengan bapak aljabar. Kemudian apa definisi sesungguhnya definisi dari algoritma itu ?. Algoritma adalah sebuah susunan langkah - langkah penyelesaian masalah dalam bentuk kalimat dengan jumlah kata terbatas namun tersusun secara logis dan sistematis untuk menyelesaikan suatu masalah. Algoritma merupakan sebuah fondasi yang harus dikuasai oleh setiap mahasiswa yang ingin menyelesaikan sebuah permasalahan logika yang terstruktur, efektif dan efisien untuk menyusun sebuah program komputer yang bertujuan menyelesaikan sebuah persoalan.
Dari penjabaran diatas dapatkah anda memberikan contoh tentang sebuah logika dan algoritma. Jika masih belum mendapatkan gambaran maka coba anda perhatikan contoh berikut ini. Logika biasanya berhubungan dengan penggunaan pikiran seseorang. Misalnya anda memberikan sebuah permen lolipop kepada beberapa anak yang memiliki beda usia. Karena intelegensi kecerdasan mereka berbeda - beda maka logika berfikir mereka juga akan berbeda - beda. Permen lolipop yang anda berikan untuk anak sekolah yang sudah duduk di Taman Kanak - Kanak mereka akan mengetahui jika permen lolipop itu sebelum dimasukkan kedalam mulut harus dibuka terlebih dahulu pembungkus kulitnya. Bagaimana jika permen itu anda berikan kepada anak bayi yang masih belum sekolah dan usianya kurang dari 1 tahun. Bisa jadi permen tersebut digunakan sebagai media mainan, ataupun dimakan oleh bayi tersebut namun tanpa membuka sebuah bungkus plastik yang melekat pada permen lolipop tersebut. Logika manusia dipengaruhi oleh usia manusia tersebut. Selain dari usia logika manusia juga dipengaruhi oleh daya fikir ataupun keilmuwan yang dimiliki oleh manusia itu sendiri. Sehingga jika anda ingin memiiki logika yang baik maka anda harus sering belajar, dan membaca sebuah buku. Tidak hanya satu buku saja anda harus membaca banyak buku. 
Algoritma, apakah anda juga masih belum memiliki sebuah gambaran tentang hal ini?. Jika belum coba anda perhatikan contoh berikut ini. Ketika anda lapar maka otak anda akan merespon untuk melakukan makan. Dengan demikian logika kita akan mengatakan untuk mencari makanan yang kita senangi misalnya kita senang dengan Mie Instan. Maka kita akan mencari dimana dapat menemukan sebuah mie instann dan bagaimana cara memasaknya. Setelah mie kita dapatkan maka kita harus memasak mie tersebut sebelum memakannya. Berikut adalah tahapan untuk membuat sebuah indomie goreng. 
  • Berikut ini adalah tahapan dalam membuat sebuah indomie atau mie instan.
    Gambar 2. Tampilan Bungkus Mie Instan
  • Rebus mie dalam 400cc (2Gelas) air mendidih selama 3 menit, sambil diaduk.
  • sementara mie direbus campurkan bumbu dan saus cabe kedalam piring.
  • Triskan mie, kemudian campurkan mie kedalam campuran bumbu di piring, aduk hingga rata.
  • Mie goreng lezat siap disajikan.
    Gambar 3. Mie Instann Siap Disajikan
Tahapan atau langkah - langkah untuk membuat sebuah mie instan sehingga siap untuk disajikan itulah yang disebut dengan agoritma. Cukup mudah bukan membedakan algortima dan logika. Sementara pembahasa kita kali ini berakhir sampai disini terlebih dahulu. Semoga anda dapat dengan mudah untuk memahami sebuah konsep materi yang ada didalam e-class ini. Silahkan anda tuliskan komentar dibawah jika mengalami permasalah. Kami akhiri selamat belajar semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar